In-House Training “Effective Communication Skill”
(Pribadi yang Asertif : Mampu mengemukakan
ide/ pendapatnya tanpa ragu, penuh kejelasan, namun dengan tetap menghargai
pendapat orang lain, dan dengan cara yang benar sehingga orang lain tetap
merasa senang)
- Apakah karyawan Anda sering mendapat komplain dari customer karena komunikasinya yang buruk ?
- Apakah karyawan Anda saling lempar tanggung jawab ketika harus menjelaskan sesuatu kepada Customer ?
- Apakah karyawan Anda enggan mengemukakan pendapat dan ide ketika sedang meeting?
- Apakah hubungan antar- divisi di perusahaan Anda tidak terbangun dengan baik dan terdapat “GAP” karena komunikasi yang buruk antar divisi?
- Apakah sering terjadi “kesalahpahaman” di Perusahaan Anda ?
“Ya, semua itu terjadi karena banyak karyawan yang belum
tahu cara menyampaikan pendapat dan berkomunikasi secara Efektif dan Asertif”
Segera
tangani persoalan tersebut, berikan karyawan Anda In-House
Training “Effective Communication Skill” berikut
ini :
(Materi cocok untuk Rumah Sakit, Perhotelan,
Call Centre, Service Centre, Perbankan, Asuransi, Securities Company, dan
perusahaan jasa lainnya)
Durasi
: 2 days (16 jam)
Peserta
: Manager, Supervisor (
Koordinator) dan staf Frontliner dan Back
Office
Trainer : Herry Santoso
Manfaat Pelatihan
·
Peserta mampu berkomunikasi secara Asertif, ber-empaty,
dan penuh etika saat bertatap muka, maupun melalui telephone
·
Peserta menguasai teknik komunikasi, baik secara verbal
maupun Non- verbal, meliputi :
- Senantiasa melakukan “Eye Contact” ketika sedang berkomunikasi
- Memiliki mimik muka yang
menyenangkan, ramah, dan empatik ketika sedang berkomunikasi
- Memiliki Intonasi dan artikulasi suara yang menarik, terkesan ramah, dan
antusias
- Memiliki postur/ body language yang menyenangkan, ramah, dan siap
melayani
·
Peserta menguasai 4 langkah “Mendengar dengan Empaty”,
serta menguasai 3 teknik melakukan “Konfirmasi”
·
Peserta mampu mentransfer/ mengubah pesan yang berupa
bahasa teknis ke dalam bahasa yang simple, menarik, dan mudah dimengerti oleh Customer
·
Peserta dapat mengenali dan menghindari jebakan- jebakan
(Traps) di dalam berkomunikasi
·
Peserta mampu menangani Customer yang “Sulit”, menangani
komplain dengan sopan, dan mampu mengontrol emosi ketika sedang menghadapi
Customer yang “Sulit”
Materi training
- Apakah komunikasi Asertif itu ?
- Mengenali 4 gaya komunikasi diri sendiri dan setiap orang
- Teknik Membentuk pribadi yang Asertif ( mampu mengemukakan pendapat dan ide dengan baik)
- Teknik berkomunikasi secara Asertif dan membangun “Rapport” (Teknik mengarahkan orang lain, sehingga mereka mau mengikuti arahan kita dengan senang hati dan tidak terjadi konflik)
- Rahasia menjadi “Komunikator yang Asertif, ber-empaty, dan penuh etika” dengan pemaksimalan bahasa Verbal dan Non- Verbal ( Meliputi Intonasi dan artikulasi suara, eye contact yang raman, postur dan body language)
- Mengenal 8 tipe Kepribadian dan cara berkomunikasi dengan setiap tipe kepribadian
- 4 langkah di dalam “Mendengar dengan Empaty” ( Active Listening Technique)
- 3 teknik melakukan konfirmasi yang efektif dan menggali need Customer
- Teknik komunikasi khusus di dalam berhadapan dengan Customer yang “Sulit”
- Teknik persuasif di dalam menangani Customer yang sedang “Emosional”
- Etika dan teknik berkomunikasi lewat telepon
- “Do dan Don’ts” di dalam berkomunikasi
NB : Untuk materi training tidak terikat dengan materi
di atas, Jika ada materi yang Bapak/ Ibu butuhkan, kami akan berikan materi
sesuai dengan TNA / kebutuhan Perusahaan Bapak/ Ibu.
Metode Training :
1.
Enlighment
dan workshop
2.
Study Case and Group Discussion
3.
Tanya
jawab
4.
Para
peserta diberikan kebebasan untuk bertanya di setiap waktu kepada Trainer (
Coach Herry Santoso)
5.
Praktik langsung (Role Play)
6.
Games
7.
Penutup
Speaker
Profile
Herry
Santoso merupakan Service Excellence and Handling Complaint
Training Specialist, Public Speaker, dan Penulis Buku “6K : Ilmu Rahasia Sang Pemenang” (
Penerbit Gramedia). Beliau telah berpengalaman memberikan training selama lebih
dari 10 tahun bersama Prosma Institute, sebuah lembaga Training yang
didirikannya di Jakarta.
Ia telah
diundang sebagai Narasumber Radio SMART FM dan Radio HEARTLINE FM dengan topik
bisnis dan motivasi, serta telah banyak diundang untuk memberikan Coaching dan
Training kepada banyak perusahaan dari berbagai bidang, mulai dari : Rumah
Sakit, Perbankan, Logistik, Asuransi, Securities Company, Retail, property,
Manufaktur, Apotik, Pendidikan, dan lain sebagainya.
Beberapa
klien beliau di antaranya :
RS. Mitra
Keluarga ( cab. Kemayoran, Bekasi Barat, Bekasi Timur, Cikarang, Depok, dan
Kalideres), RSIA Family, RS. Premier Jatinegara, RS. Columbia Asia, RSB Permata
Ibunda, RS Imanuel Bandar Lampung, RS. Wahidin Sudirohusodo Makassar, RS. Atma
Jaya, RS. Husada, RS. Eka Hospital, PT. BPR Cipatujah Jabar ( Bank Perkreditan
Rakyat), PT. Mitsubishi Electric Automotive Indonesia, PT. Jamsostek, PT. Era
Indonesia ( #1 Property Agent in Indonesia), Toko Buku Gramedia, PT. Indo
Premier Securities, PT. Novell Pharmaceutical Laboratories, PT. Pan Pacific
Insurance, PT. YKK Zipco Indonesia, Suku Dinas Tata Ruang DKI Jakarta, PT.
Tirta Nusa Persada, PT. Duet Pratama Samudra, PT. Kasih Karunia PT. Stella
Maris International, Apotek K-24, dsb.
Spesialisasi
training yang beliau berikan adalah : Service Excellence,
Handling Complaint, Communication Skill, Presentation Skill, Leadership,
Motivation.
Gaya beliau yang
antusias, penuh humor, hangat, dan dapat menyampaikan materi dengan mendalam,
serta mudah dimengerti dan dipraktekkan membuat training- training yang beliau
berikan disukai oleh para peserta, dan memberikan hasil yang significant.
Metode training
yang diberikan Herry Santoso adalah metode Coaching dan Workshop, di mana
setiap peserta akan dimunculkan potensi/ kemampuan terbaik mereka, training
bersifat dua arah (two ways interaction), disertai tanya jawab di setiap sesi,
enlightment, games- games yang seru dan menarik, diskusi, workshop, role play,
serta sesi motivasi pribadi
Testimoni
peserta training Herry Santoso
Training
Komunikasi yang diberikan oleh Bpk Herry mempunyai energi sendiri bagi saya
pribadi... – Indayani (Diklat RS. Mitra
Keluarga Bekasi Barat)
Suasana training
santai, namun dapat memasukkan pembelajaran dengan sangat efektif. Bapak Herry
dapat membawa kami peserta sesuai GOAL pelatihan ini dengan sangat
menyenangkan, tidak membosankan. Multimedia yang ditayangkan pun sangat
memperkuat training hari ini. Terima kasih ya Pak Herry– dr. Ratih W (Dokter UGD RS. Mitra Keluarga Bekasi Barat)
Suasana training
tidak monoton, banyak praktek. Mr. Herry Santoso you are a good teacher too..
like Edwin’s teacher. Thank you Mr Herry
! Semoga bisa berbagi ilmu di lain kesempatan. Materi yang bpk sampaikan
sangat menarik – Rosyiana Eri
(Accounting RS. Mitra Keluarga Bekasi Barat)
“Sangat
menguasai materi, cocok sekali dengan dilapangan , suasana training sangat
khas, hangat dan kekeluargaan. Banyak hal-hal yang bisa saya terapkan dan
mudah-mudahan bisa membawa suatu perubahan cara pandang tentang complain
customer” - Gerardus Gegen (RS. Premier Jatinegara)
“Setelah
mengikuti training Coach Herry Santoso ini saya lebih hati-hati lagi dalam
memberikan service pelayanan kepada customer.
Saya tidak mau terjadi silent unhappy.
Lebih baik customernya berani memberikan informasi tentang pelayanan
kami. Dan hal yang positifnya lagi saya lebih tenang dan tahu cara mengatasi
dan mencegah atau meminimalisir complaint . Suasana trainingnya sangat
menyenangkan. Coachnya komunikatif banget!” - Mei Wijaya (Owner dan Komisaris RSB Permata Ibunda)
Mengapa memilih Training kami ?
1.
Training
akan diberikan langsung oleh Coach Herry Santoso dengan Fun, penuh humor,
menarik dan menyentuh, sehingga akan memberikan dampak secara langsung kepada
peserta
2.
Coach
Herry akan menyampaikan materi training dengan praktis dan bahasa yang mudah
dimengerti peserta, sehingga dapat langsung dipraktikkan
3.
Training
dilengkapi dengan audio dan video yang memukau, menarik, dan menyentuh,
sehingga para peserta akan mendapatkan banyak manfaat dari training ini
4.
Materi
training akan kami persiapkan khusus sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda (
TNA)
5.
Training
diberikan dengan format Coaching dan Workshop, sehingga setiap peserta akan
mendapatkan kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada coach Herry di
setiap kesempatan ( tanpa menunggu sesi tanya jawab) dan akan mempraktikkan langsung pada waktu training
6.
After
Sales Service. Coach Herry memberikan kesempatan kepada setiap peserta training
untuk berkomunikasi dan bertanya lebih lanjut mengenai penerapan materi
training setiap waktu.
Untuk informasi
lebih lanjut, Bapak/ Ibu dapat menghubungi kami di :
Phone
: 085
100 46 5050 , 0811 959 3004
Email : prosmainstitute@yahoo.com , prosmainstitute@gmail.com
www.wouwservice.com / www.herrysantoso.com / www.prosmainstitute.com
Email : prosmainstitute@yahoo.com , prosmainstitute@gmail.com